Aplikasi anda error?
Tidak bisa login karna unsurename tidak ditemukan?
Tidak bisa login karna tidak terhubung dapodik?
Saat pengentrian instrumen terjadi masalah/error?
Tidak bisa backup data?
Temukan Solusi Anda Di Sini...!!!
Mengenal PMP
Penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah merupakan kesesuaian standar mutu dan aturan yang ditetapkan untuk memastikan seluruh proses penyelenggaraan pendidikan yang sistmatis, terintegrasi dan berkelanjutan. Jadi, untuk dapat melakukan penjaminan mutu pendidikan yang baik diperlukan adaya sistem penjaminan mutu pendidikan yang terdiri dari dua komponen, yakni; Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME).
Adapun tujuan pengisian PMP untuk memberikan gambaran kepada berbagai pemangku kepentingan tentang capaian pemenuhan standar nasional pada satuan pendidikan dari mulai tingkat satuan pendidikan, kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Karna itu setiap satuan pendidikan wajib mengisi data PMP untuk melakukan pemetaan mutu satuan pendidikan sebagai bagian dari pelaksanaan sistem penjaminan mutu internal (SPMI).
Beberapa Masalah Yang Mungkin Terjadi Seputar Pengisian PMP
* Instal Aplikasi
- Jika belum pernah menginstal sama sekali:
Gunakan installer PMP 1.4 yang dapat diunduh pada link
http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
- Jika sudah install 1.2 dan sudah melakukan entri data maka update ke versi 1.3 kemudian update lagi ke 1.4 (2x running). Karena jika diuninstal data yang sudah dientri akan hilang
- Jika sudah install 1.2 dan belum melakukan entri data maka uninstall 1.2 terlebih dahulu kemudian langsung install ke 1.4 dengan link http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
- Jika sudah instal 1.3 dan sudah melakukan entri data maka update ke versi 1.3 kemudian update lagi ke 1.4 (2x running). Karena jika diuninstal data yang sudah dientri akan hilang
- Jika sudah install 1.3 dan belum melakukan entri data maka uninstall 1.2 terlebih dahulu kemudian langsung install ke 1.4 dengan link http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
* Aplikasi Error
- Jika saat proses install atau update PMP 1.4 terjadi masalah/error;
- Pastikan PC atau laptop sesuai dengan spesifikasi. Spesifikasi PC atau laptop dapat diunduh pada link berikut http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan
- Pastikan terlebih dahulu penyebab error. Contoh gambar error pmp 1.4 di bawah ini;
Contoh Gambar Error PMP 1.4 |
Jika terjadi seperti gambar di atas, cobalah beberapa langkah;
- langkah pertama pastikan dapodik sudah menggunakan 2016b yang terbaru (versi 1.4)
- Langkah kedua pastikan service dapodikDB dalam status started/running. Langkah untuk melihat status service dapodikDB bisa dilihat di sini.
- Jika terjadi kasus seperti gambar dibawah:
Pastikan file yang digunakan untuk menginstall adalah file updater 1.4 bukan file installer 1.4 (Aplikasi terbaru saat ini)
* Tidak bisa login
- Jika tidak bisa log in setelah proses instalasi atau upgrade aplikasi selesai;
- Kasus username tidak ditemukan, hal ini terjadi pada versi 1.3 ke bawah, oleh karna itu perlu diupdate menjadi versi 1.4
- Kasus tidak dapat terhubung dengan dapodik, hal ini terjadi antara lain;
- Pertama, hal ini dapat disebabkan oleh aplikasi dapodik yang belum diupdate menjadi versi 2016b terbaru
- Kedua, pastikan service dapodikDB dalam status started/running, cara mengeceknya sama seperti di atas atau bisa dilihat di sini.
* Proses pengentrian instrumen terjadi error
- Pada saat proses pengisian instrumen atau entri data kadang terjadi masalah/error. Berikut masalah yang sering terjadi dan solusinya;:
- Instrumen sudah diisi 100% tetapi status belum hijau? Ctrl+F5 atau log out dan login kembali
- Instrumen tidak muncul di aplikasi? Ctrl+F5 atau log out dan log in kembali
- Ketika klik verifikasi pengawas yang muncul adalah data komite? Ctrl+F5 atau log out dan log in kembali
- Edit data tapi diverifikasi tidak muncul perubahan / tidak berubah? Ctrl+F5 atau log out dan log in kembali
- Sudah update ke 1.4 namun tampilan di beranda masih versi lama (1.2 atau 1.3)? Ctrl+F5 atau log out dan log in kembali
- Laporan verifikasi untuk pengawas dan komite sudah centang (status hijau) padahal belum mengisi? Ctrl+F5 atau log out dan log in kembali
- Instrumen komite untuk poin A5 dan B1 tidak keluar pada aplikasi? Silahkan update aplikasi PMP menjadi versi 1.4 (versi terbaru saat ini).
* Tidak bisa mengirim data atau proses kirim data lambat
- Pastikan akses internet terhubung dengan baik. Jika tidak, cobalah stabilkan koneksi internet menggunakan ping server PMP. Caranya bisa dicoba di sini
- Server pusat dalam perbaikan. Coba ulang beberapa saat lagi
* Backup data
- Untuk melakukan backup dan restore data untuk yang sudah mengisi pada versi 1.3 Klik verifikasi dan kirim data lalu tekan backup untuk backup data atau restore untuk restore data seperti pada gambar di bawah
- Untuk versi 1.4 cara backup juga sama. Namun jika gagal backup data PMP, cobalah cara di link ini.
Sekian.
Semoga bermanfaat